Si Pitung

8 11 2010

Si Pitung lahir di Rawa Belong,bagian partikelir Kebayoran.Si Pitung merupakan anak ke-4 dari Pak Piun dan Bu Pinah.Si Pitung selalu bersembunyi dari kejaran Belanda dan belajar mengaji dan ilmu silat di sebuah masjid bernama Masjid Nur Alam.Karena itu,masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Si Pitung.Dari beberapa sumber,Si Pitung diperkirakan meninggal pada bulan Oktober tahun 1893.Sampai sekarang,makam Si Pitung belum diketahui entah dimana karena tempatnya dirahasiakan.Si Pitung dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat Betawi.

Si Pitung merupakan pemuda yang sholeh dari Rawa Belong.Ia mengaji dan berguru kepada Haji Naipin.Sehabis Mengaji,Si Pitung belajar silat dengan Haji Naipin.Si Pitung Tumbuh menjadi anak yang soleh,berbakti kepada orang tuanya,dan suka menolong.

 

Pada waktu itu,Indonesia sedang dijajah Belanda.Rakyat tertindas karena Belanda berkuasa dengan tidak adil.Para kompeni,tuan tanah,dan para tauke bersenang-senang diatas kemiskinan rakyat.Si Pitung merasa kasihan melihat mereka.

 

Si Pitung mempunyai niat yang kuat untuk menolong rakyat.Pada malam hari,ia merampas harta yang dirampas oleh Belanda dan dikembalikan kepada rakyat yang miskin.Si Pitung semakin dibenci Belanda.

 

Ia menolong rakyat yang kesusahan dengan ditemani kedua temannya,yaitu bernama Rais dan Ji’i.Haji Naipin menurunkan sebuah kelebihan pada Si Pitung.Si Pitung mempunyai kelebihan,yaitu tidak mempan ditembak dan ditusuk.Kelemahannya adalah bila dilempari telur busuk,kekebalannya akan menghilang.

 

Si Pitung lalu bertunangan dengan Aisyah,anak dari Haji Naipin.Setelah beberapa lama bertunangan,akhirnya mereka menikah.

 

Si Pitung semakin disayang oleh rakyat,sedangkan Belanda makin membenci Si Pitung.Belanda mencari cara untuk menyingkirkan Si Pitung.

 

Belanda pun telah menemukan ide.Ia menculik orangtua si Pitung dan Haji Naipin.Ia menyiksa mereka agar mengetahui rahasia kelemahan Si Pitung dan dimana Si Pitung bersembunyi.

 

Mereka dicambuk dan dipukul.Mereka tidak mau membocorkan rahasia kekebalan Si Pitung.Karena itu,Belanda semakin menyiksa mereka.Mereka yang disiksa hampir pingsan.

 

Akhirnya,mereka membocorkan rahasia kelemahan si Pitung dan dimana tempat si Pitung bersembunyi.Belanda akhirnya mendapatkan informasi tentang kelemahan Si Pitung dan Tempat persembunyian si Pitung dengan susah payah.Mereka dibebaskan.

 

Berbekal informasi yang Belanda dapatkan,mereka mencari Si Pitung.Setelah bertemu si Pitung,mereka melemparkan telur busuk kepada Si Pitung,dan akhirnya kekebalannya menghilang.Setelah itu,Si Pitung ditembak.Si Pitung akhirnya meninggal dan berpulang.

 

Belanda,para tauke,dan para tuan tanah bahagia dan senang sekali karena Si Pitung meninggal.Sebaliknya,para petani,buruh,dan rakyat kecil merasa sangat sedih karena penolong mereka dari kekejaman Belanda telah meninggal.


Aksi

Information

One response

24 02 2011
frakas

saya mau nangis ketika pitung harus gugur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: