Legenda Candi Prambanan

8 11 2010

Candi Prambanan dibangun oleh Wangsa Sanjaya,tepatnya pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.Rakai Pikatanlah yang menjadi arsitek pembangunan candi ini.Candi ini dibangun pada tahun 850 Masehi.Candi ini selesai dibangun pada pemerintahan Daksa.Di dalam candi ini,terdapat arca Dewi Durga,istri Dewa Syiwa.Arca inilah yang dikenal dengan nama Roro Jonggrang

Dahulu,di Yogyakarta,terdapat sebuah kerajaan besar.Kerajaan itu bernama Prambanan.Rajanya bernama Boko.Sang raja memerintah dengan adil dan bijaksana,sehingga kerajaan tersebut tentram dan damai.Sang Raja mempunyai seorang putri bernama Roro Jonggrang.Dia merupakan gadis yang cantik.Banyak orang yang ingin meminang Roro Jonggrang sebagai istri.

Namun,Ketentraman kerajaan tersebut terusik ketika datang Pasukan dari Kerajaaan Pengging yang dirajai oleh raja bernama Bandung Bondowoso.Pasukan dari kerajaan Prambanan banyak yang mati dan akhirnya Pengging menang dan menguasai kerajaan Prambanan.

Sayangnya,bandung Bondowoso menjadi raja yang kejam.Segala perintahnya harus dipatuhi.Bandung Bondowoso memiliki kesaktian dan pasukan jin yang jahat dan menyeramkan.Rakyat pun tertindas.

Suatu hari,saat berkeliling istana,ia melihat gadis cantik.Gadis cantik tersebut bernama Roro Jonggrang,putri Raja Boko.Ia mengikuti gerak-gerik gadis tersebut.”Wah,cantik sekali gadis itu,aku harus menjadikan ia sebagai permaisuriku”Pikir Bandung Bondowoso.

Keesokan harinya,Ia menghampiri gadis yang kemarin ia lihat.”Hai gadis cantik maukah kamu menjadi permaisuriku?”tanya Bandung Bondowoso.Roro Jonggrang tidak menyangka bahwa Bandung Bondowoso akan berkata seperti itu.Roro Jonggrang sebenarnya menolak,tapi karena Bandung Bondowoso mempunyai pasukan yang kuat nantinya akan menyerang Masyarakat Prambanan.Ia pun mencari Ide,hingga ia mendapatkan ide.Ia meminta agar Bandung Bondowoso membuatkannya seribu candi dalam semalam beserta dua buah sumur yang dalam “Aku mau menjadi istrimu,asalkan kamu harus membuatkanku 1000 candi dalam semalam beserta dua buah sumur yang dalam”.Bandung Bondowoso pun setuju dan kembali ke istana.

Ia menjelaskan semuanya kepada penasihat dan bertanya bagaimana bisa melakukannya.Sang penasihat mengingatkan Bandung Bondowoso kepada pasukan jin yang dimiliki oleh Bandung Bondowoso dan meminta bantuannya.Bandung Bondowoso memerintahkan kepada penasihat untuk menyiapkan peralatan-peralatan yang akan digunakan.

Setelah semuanya telah siap,ia bertapa di depan altar memanggil pasukan jin.Petir menyambar-nyambar dan getaran dari dalam bumi terjadi.Para jin keluar.Bandung Bondowoso menyuruh para jin untuk membuat 1000 candi dalam semalam ”Hai para jin,buatkanlah 1000 candi dalam waktu semalam,beserta dua buah sumur yang dalam”.Pasukan jin menyanggupinya.

Satu demi Satu candi selesai.Pekerjaan sudah hampir selesai.Roro Jonggrang yang mengintip dari kejauhan khawatir karena pekerjaan sudah hampir selesai.Roro Jonggrang mencari ide agar pekerjaan tersebut tidak selesai hingga ia mendapat ide.

Ia menyuruh para dayang istana untuk membakar kumpulan jerami di bukit sebelah timur agar kelihatan seperti matahari terbit dan membunyikan lesung.Para Dayang melakukan apa yang diperintahkan.

Saat akan membuat candi yang ke-1000,fajar sudah kelihatan menyingsing.Para jin satu per satu kembali ke alamnya karena takut terbakar matahari.Bandung Bondowoso mengira pekerjaan para jin sudah selesai.

Bandung Bondowoso mengajak Roro Jonggrang untuk menghitung jumlah candi itu.Tetapi,pada saat hitungan terakhir,hanya ada 999 candi yang ada.Bandung Bondowoso menjadi murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung batu untuk menjadi Candi yang ke-1000.Sekarang,candi itu bernama Candi Prambanan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: